Visi Misi Tujuan

1. Visi

 

Pada Tahun 2030 Menjadi Program Studi Pendidikan Sejarah Yang Kompetitif, Unggul, Adaptif, Dan Terpercaya.

 

Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Kompetititf, dengan visi tersebut diharapkan menjadi program studi yang memiliki wawasan global dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang mampu bersaing baik lokal maupun nasional.

b. Unggulan, dengan visi tersebut diharapkan menjadi program studi yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.

c. Adaptif, dengan visi tersebut diharapkan menjadi program studi yang adaftif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

d. Terpercaya, dengan visi tersebut diharapkan menjadi program studi yang terpercaya melalui pengembangan tridharma perguruan tinggi di bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.

 

2. Misi

 

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana strata 1 pendidikan sejarah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan sejarah dan kemampuan analisis dengan:

1.   Menyelenggarakan pendidikan sejarah yang bermutu, transparan, dan terpercaya.

2.   Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara professional dalam ilmu pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.

3.   Meningkatkan kemampuan akademik dalam rangka pengembangan Ilmu pendidikan melalui penelitian pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.

4.   Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan ilmu sejarah.

5.   Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.

6.   Menciptakan suasana kenyamanan kerja dan belajar dengan pendekatan humanis dan demokratis yang didasarkan pada keteguhan nilai-nilai agama.

7.   Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, baik tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan (karyawan) untuk memberikan pelayanan yang prima sesuai bidang keahlian dan jabatan yang diemban.

8.   Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai standar penjaminan mutu untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.Profil Program Studi Pendidikan Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah diselenggarakan sebagaiSarjana Pendidikan Sejarah.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah

Capaian pembelajaran lulusan (Learning Outcomes/LO) merupakan rumusan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Capaian pembelajaran lulusan berfungsi untuk mendukung profil lulusan program studi juga digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran. Rumusan capaian pembelajaran lulusan mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI level 6, sebagai berikut;

1.      Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

2.      Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

3.      Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.

4.      Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 

Berdasarkan level 6 KKNI maka dirumuskan capaian pembelajaran/LO Program Studi Pendidikan Sejarah sebagai berikut;

1. Sikap

Setiap lulusan program pendidikan sejarah harus memiliki sikap sebagai berikut:

a.   bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika,

c.   menginternalisasi nilai, norma, dan etika pergaulan, semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, dalam kegiatan akademik maupun non akademik.

d.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e.   menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

g.   bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

h.   taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

i.    menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

2. Pengetahuan

a.   Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran sejarah dengan mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan Tekhnologi dan Seni (IPTEKS) untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan pendidikan sejarah;

b.   Menguasai aspek ilmu-ilmu pendidikan, teori dan fakta sejarah serta merancang dan mengkomunikasikan pengetahuan secara kontekstual.

 

3. Keterampilan

a.Keterampilan Umum:

1.   Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data yang berkenaan dengan pendidikan sejarah dan mampu menentukan arah dan pemecahan masalah-masalah pendidikan sejarah berdasakan pengolahan data dan informasi;

2.   Melaksanakan tugas keahliannya sebagai sarjana pendidikan sejarah dengan penuh tanggung jawab

b. Keterampilan Khusus ;

1.   Mampu menguasai keahlian di bidang pranata laboratorium, pemandu wisata, kepariwisataan, permuseuman, kearsipan, jurnalistik sejarah.

2.   Dapat mengembangkan media pembelajaran sejarah dengan mengikuti perkembangan IPTEKS.

 



KONTAK

  • https://www.facebook.com/pendidikan.sejarahunigal.9
  • https://www.instagram.com/unigalciamis
  • https://www.twitter.com/unigalciamis
  • https://www.youtube.com/channel/UC_eBPSaSSOQ0lRPbho6Tqww

LOKASI UNIGAL

DIKELOLA OLEH

Admin
Pendidikan Sejarah

2021 © Pendidikan Sejarah